Tuesday, February 21, 2012

kendala yang sering terjadi pada pakan ikan

A.Problema
Salah satu problema dan tantangan bagi pembudidaya ikan yang dihadapi selama ini, adalah kurang tersedianya pakan yang memenuhi kandungan gizi yang cukup.Biasanya untuk tersedianya pakan bagi pembudidaya ikan, maka menyedot dana yang banyak dan harus mempunyai modal yang kuat adalah salah satu faktor tersedianya pakan yang cukup. pakan ikan yang baik dan cukup kandungan gizinya sangat berdampak pada tingkat pertumbuhan ikan yang dipelihara, maka untuk itu petani ikan harus bisa memperhitungkan dan menyediakannya yang cukup. Melalui pelatihan ini, kita harapkan petani ikan dapat mengolahnya dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan akan makanan ikan yang dibutuhkan,’’ tandasnya. Pakan adalah makanan untuk ikan, dan pengolahan pakan harus diperhatikan antara lain adalah fungsi pakan, syarat-syarat pakan, zat-zat yang diperlukan, bahan makanan yang menggangu, berbagai macam bahan makanan dan cara menghitung komposisi bahan makanan.

Bahan-bahan yang tidak berkualitas ditandai dengan fisik bahan yang bersisik. Bahan yang bersisik disebabkan oleh bahan itu sendiri yang sudah lama atau juga semacam kutu dan bakteri. Ada juga bahan yang mulai rusak ditandai  dengan bau yang tidak enak lagi, kerena bahan terlalu lama disimpan.
 
B.Tepung Ikan
Kerusakan pada tepung ikan, bau ikan sangat tajam bila orama tidak tercium dengan kuat maka tepung ikan itu kurang berkualitas. Tepung ikan yang sudah lama disimpan tidak akan menimbulkan bau ikan, Biasanya kandungan nutrisinya kecil. Sebaiknya jangan mengunakan bahan yang sudah berkutu dalam pembuatan pakan ikan. Demikian juga dengan dedak.
 
C.Menjaga Kebersihan Pakan
Kebersihan mesin juga sangat penting dalam pembuatan pakan ikan. Bagian dalam; sudut, ulir dan mata cetakan disemprot dengan air. Tapi, berhati-hati dengan mesin, bearing dan baut jangan sampai kena air. Dan lantai juga perlu dibersihkan dengan air. Pakan yang baik didukung oleh lingkungan kerja yang bersih. Pengeringan pakan. Pengeringan secara moderen tidak menimbulkan masalah pengeringan yang berarti mungkin hanya pada teknisnya, akan tetapi pada pengeringan manual dengan mengunakan cahaya dan panas matahari sering menimbulkan masalah. Suhu pakan lembab dan tidak kering akan menimbulkan jamur dan itu tidak baik untuk kesehatan ikan anda.

Penyimpanan dan kemasan pellet ikan. Pellet yang sudah kering sebaiknya dimasukan kedalam karung plastic mencegah bakteri dan kotoran yang memicu kerusakan pellet. Tempat yang kering, bersih, dan tertutup tapi tidak panas mencegah tumbuhnya jamur.

ok.. sahabat pembudidaya... selamat mencoba, saya yakin dan percaya anda pasyti BIsA!!!


No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...