Pages - Menu

IKAN HIAS ADALAH KEINDAHAN NATURAL

PEMELIHARAAN YANG BAIK AKAN MENUMBULKAN KEPUASAN

Tuesday, February 21, 2012

PEMBUATAN PAKAN ALAMI UNTUK IKAN

A. Membuat Pakan Ikan Dari Alam

Kumbang Pisang adalah Hama yang menyerang Batang Pisang. Batang pisang yang terkena serangan ini akan mengalami busuk batang dan lama kelamaan akan tumbang/mati. Namun dari sini kita dapat mengambil manfaat apabila kita dapat menghasilkan Larva Batang Pisang yang bisa dimanfaatkan sebagai Pakan Alami yang kaya Protein buat Budidaya Ikan.


B.Cara Praktis pembuatannya adalah:
 
Kumpulkan batang pisang yang banyak tersedia di sekitar kita. Biasanya banyak batang pisang yg dibiarkan membusuk setelah buah pisangnya dipanen.
Potong batang pisang itu dengan menggunakan gergaji karena lebih mudah memotongnya dibandingkan menggunakan Golok.
Susun batang pisang tersebut di suatu tempat dan busukkan. Untuk mempercepat pembusukan gunakan Prebotik yang mengandung mikroba pengurai. Banyak Prebiotik yg ditawarkan, perhatikan saja Brosur dan konten isinya dan lihat manfaat Mikrobanya. Siram Prebiotik yang telah dicampur dengan air setiap hari seperti kita menyiram bunga di halaman.
Batang pisang yang membusuk akan mengundang Kumbang batang pisang untuk meletakkan telurnya di dalam batang pisang. Cirinya adalah batang pisang akan terlihat bolong-bolong tanda Kumbang tersebut telah masuk dan meletakkan telur.Setelah 1 bulan, batang pisang yg telah membusuk dimasukkan ke dalam kolam kosong yang telah ada airnya dan telah diberikan prebiotik.
Biasanya setelah 2 minggu akan terlihat Larva Kumbang Pisang baik yang ukurannya masih kecil atau yang sudah besar (dewasa).Bentuk Larva tersebut berwarna putih, lembut, bisa sebesar jari kelingking dan ada ekor yang lebih panjang dari badannya. (seperti pada gambar)
Setelah Larva tersebut dewasa, bisa diberikan langsung dalam keadaan hidup-hidup sebagai pakan ikan alami berprotein tinggi.
Protein Larva tersebut antara 25% - 45%

Kolam yang telah berisi penuh Larva batang pisang tersebut ditebar ikan dan ikan akan berpesta
Angkat batang pisang yang di dalamnya banyak Larva ke dalam kolam ikan. Setelah Larva terlihat habis dimakan, batang pisang kembalikan ke dalam kolam kosong agar Kumbang dapat meletakkan telurnya kembali dan siklus berulang dari awal.

C.Membuat pakan Dari Cacing Tanah

Banyak buku tentang budidaya cacing tanah yang mudah didapat dari toko buku seperti Gramedia atau Fajar Agung. Saya hanya merangkum secara praktis agar dapat dipraktekkan secara mudah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Budidaya cacing tanah adalah:

Persiapan Pembuatan Rak Cacing
Rak Cacing dapat dibuat dari Bambu karena lebih ekonomis dan cukup kuat serta tahan dari suhu ekstrem seperti panas dan hujan.
Bentuk rak cacing dibuat vertikultur/bertingkat agar dapat mengoptimalkan lahan termasuk di lahan sempit seperti di halaman rumah/pekarangan belakang.
Rak harus terlindung dari panas dan hujan karena cacing sangat sensitive terhadap keduanya. Berikan atap atau peneduh seperti atap sirap, atap terpal atau atap geribik bamboo anyaman.
Rak Cacing juga harus terlindung dari Hama dan Predator cacing seperti Semut, orong-orong, tikus, ayam, burung, dll. Caranya dengan membuat dinding disekelilingnya dan di setiap tiang dibuat kolom air agar semut tidak dapat naik ke rak cacing.

Pakan Cacing Tanah

Pakan cacing tanah sangat mudah dan praktis didapat seperti limbah sayur-mayur yang dibusukkan atau limbah buah-buahan.
Bisa juga menggunakan dedak padi, dedak jagung halus, pelet berkadar protein rendah. Bisa juga dari limbah rumah tangga seperti sisa nasi, dll.
Cacing tanah mengurai makanannya sama dengan berat bobot tubuhnya/hari.
Artinya, 1kg bibit cacing akan menghabiskan makanan seberat 1kg juga dalam 1x24 jam.

Manfaat Cacing Tanah

Sangat banyak manfaat cacing tanah. Bisa sebagai Pakan Ikan, Obat-obatan, kosmetik, pengurai pupuk organic, dll. Namun dalam hal ini kita membahas penggunaan cacing tanah hanya sebatas pakan alami saja. Silahkan jika cacing tanah sudah banyak jika ingin dijual kembali sebagai bibit atau sebagai pakan. Lipstik atau Larutan Pereda panas dalam adalah salah satu produk yang berbahan dasar cacing tanah.Cacing Tanah ini juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ikan lele,berikut keterangannya;

Pakan Alternatif Ikan Lele
Para pakar bersepakat bahwa lele adalah ikan karnivora. Karenanya pakan yang diberikan lebih baik berupa daging dengan kadar protein diatas 35%. Namun dengan alasan kepraktisan operasional, maka pakan pelet buatan pabrik menjadi pilihan peternak. Seiring waktu, ternyata harga pelet terus membumbung tinggia. Karena itu diperlukan pakan alternatif untuk menguramgi biaya. Adapun macam pakan alternatif diaotaranya bekicot, keong mas, ayam tiren, anak mujair, magot atau larva lalat, cacing, sosis kadaluarsa, katak, usus ayam, isi perut pindangan, didih, bulu ayam, ikan rucah, telur busuk, dan masih banyak lagi.


No comments: