Wednesday, February 22, 2012

MENYULAP KOLAM IKAN

MENYULAP LAHAN KECIL MENJADI KOLAM
Abra kadabra....... jadi kolam minimalis!!
siapa yang tak terpukau kalau didalam rumahnya da kolam ikan yang sangatt aantik, sehingga enak dilihat,udaranya terasa segar,dan suara gemercik air yang begitu lembut menyenuh batu-batu kolam,seakan ia bernyanyi dengan
merdu....
  
Pembuatan Kolam
Pentingnya Pertimbangkan Bahan Pembuat Kolam Ikan! Nyaman dengan Kolam Ikan Minimalis. setelah mengetahui posisi, bentuk, dan ukuran kolam, Anda hanya membutuhkan sedikit ketelatenan dan kesabaran untuk membuat kolam ikan minimalis. - Potong dan hilangkan rumput dari area yang direncanakan untuk membuat kolam. - Siapkan bak kolam yang terbuat dari bahan fiberglass. letakkan bak kolam ke dalam lubang yang digali sesuai bentuk yang diinginkan.
Pukul kuat-kuat dasar kolam agar padat.
Untuk membuat air mancur, siapkan pipa kecil berdiameter 4-5 cm dan hubungkan dengan water pump khusus kolam ikan.
untuk menambah performa kolam, Anda bisa membuat kalung dari batu yang mengelilingi taman kolam.
Kolam minimalis di dalam rumah kini menjadi pilihan untuk “menghijaukan” rumah. Khusus untuk kolam, ada beberapa jenis kolam yang bisa dipilih, dari kolam dengan relief ataupun kolam minimalis. Letak kolam sendiri tidak mesti di depan, melainkan bisa di samping atau di bagian belakang rumah juga bisa.

kolam minimalis di bagian belakang rumah
Kolam minimalis berukuran 6x3 meter ini awalnya dibuat untuk menggunakan lahan terbuka yang ada di bagian belakang rumah. Namun, kini keberadaan kolam yang letaknya bersisian dengan dapur dan musala ini menjadi salah satu pusat perhatian dan area untuk bersantai anggota keluarga.
Untuk membuat kolam minimalis di dalam areal rumah, yang pertama mesti diperhatikan adalah "luas lahan". Sebaiknya, lahan untuk kolam tidak terlalu luas, agar tampilan akhirnya memuaskan. Jadi, luas kolam sebaiknya proporsional dibandingkan dengan luas rumah. Selain ukuran kolam, faktor pemandangan dan lokasi patut mendapat perhatian.
“Ada baiknya lokasi kolam berada di areal yang mudah dijangkau dan kolam bisa menjadi pusat pandang antar area rumah,” ada beberapa rumah yang letak kolamnya mantap yaitu; Di sebelah kanan kolam terdapat musala, sementara di bagian kiri terletak dapur kering. Penghuni rumah mesti melewati kolam ini untuk menuju dapur atau musala.
 
Hiasan kolam
Kolam dihiasi oleh batu marmer hitam sebagai penghubung kolam dengan ruang makan atau ruang keluarga. Sementara untuk menuju musala, penghuni mesti melewati deretan batu paras yang disusun kan di dalam kolam, sehingga terkesan sebagai jembatan. Latar belakang kolam tampak indah dengan batu paras kuning bermotif ukiran. “Jadi, ketika hujan, air hujan langsung turun ke kolam,” kata Kiki.
“Jika sirkulasi air kurang bagus, maka air bisa kotor atau bau,” kata Kiki. Tentu, syarat utama yang juga mesti dipenuhi untuk membuat kolam adalah kualitas air yang bagus dan jernih.
Salah satu cara mengatur sirkulasi air kolam adalah dengan menggunakan filter. Air disalurkan ke kolam pembuangan, kemudian difilter. Setelah difilter, air kemudian dikembalikan ke kolam. Dengan cara ini, sirkulasi air akan tetap terjaga, sehingga tetap jernih. Kualitas air memang sangat penting, apalagi jika kolam diisi dengan ikan, misalnya ikan koi  yang dikenal sangat sensitif. Material lain yang digunakan dalam pembuatan kolam adalah batu alam andesit sebagai dinding dan dasar kolam. Khusus untuk bagian dasar kolam, sebelum pemasangan batu andesit, dibuat semacam pondasi dari batu bata. Selain batu alam, batu paras juga kerap dipakai sebagai penghias kolam, meskipun bukan sebagai material utama. Kelebihan batu marmer dibanding batu andesit adalah lebih tebal, namun batu marmer lebih licin. Bagaimana dengan perawatannya? Yang penting rajin-rajin mengganti filter air,.

Biaya
- Pompa air sekitar Rp 1,5 juta
- Biaya pembuatan pondasi, per meter sekitar Rp 200 ribu
- Lampu di dalam kolam dan luar kolam dengan range harga berkisar Lampu taman berkisar Rp 250 - Rp 800 ribu.
Memiliki kolam sebetulnya tak begitu banyak membutuhkan perawatan. Ganti filter air minimal 2 minggu sekali untuk menghindari kolam dari  keruh dan bau.
Jika kolam berisi ikan,alangkah baiknya tidak usah terlalu banyak memberi makan ikan. Pemberian makan ikan yang terlalu banyak akan membuat kolam menjadi kotor. Dan leih Extreme nya laggi, akibat dari kebanyakan memberi pakan ikan, virus-virus yang menyebabkan kematian pada ikan akan berkeliaran disekitar air kolam, oleh karena itu, tidak perlu memberi pakan ikan yang berlebihan.


No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...