Pages - Menu

IKAN HIAS ADALAH KEINDAHAN NATURAL

PEMELIHARAAN YANG BAIK AKAN MENUMBULKAN KEPUASAN

Friday, February 17, 2012

Tanaman Air(Akuatik)

tanaman air
Tanaman air Akuatik

Tumbuhan akuatik juga disebut tumbuhan hidrophytic atau hydrophytes adalah tumbuhan yang telah disesuaikan untuk tinggal di atau pada lingkungan perairan.Karena hidup pada atau di bawah air permukaan,maka tanaman ini membutuhkan banyak adaptasi khusus, air tanaman hanya dapat tumbuh dalam air atau selamanya jenuh tanah.



Ciri-ciri
  • Stomata yang terbuka kebanyakan waktu karena air yang melimpah dan karena itu tidak perlu untuk terlebih dahulu disimpan dalam tanaman.
  • Peningkatan jumlah stomata, yang dapat di salah satu sisi daun.
     
  • Kurang kaku struktur: tekanan air mendukung mereka.
     
  • Flat daun pada permukaan tanaman untuk pengapungan.
     
  • Kecil akar: air dapat tersebar langsung ke daun.
     
  • Akar ringan: tidak perlu untuk mendukung tanaman.
     
  • Daun dan akar yang panjang dan tipis ini membantu menyebarkan massa dari tanaman yang lebih luas wilayah, sehingga lebih ringan. Panjang akar dan daun tipis juga memberikan permukaan area yang lebih besar untuk uptake of mineral solutes dan oksigen. Banyak ikan yang memelihara tanaman air dalam tangki untuk mengendalikan phytoplankton dan moss oleh menghapus metabolites. Banyak jenis tanaman air adalah jenis invasi di berbagai belahan dunia.

macam-macam tanaman air
 

Daun lotus berwarna hijau dan besar, tapi ada juga yang kecil. Berikut ini gambar dari Lotus Putih, mulai dari bakal bunga sampai dengan mekarnya. Seroja atau lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.) adalah jenis tumbuhan air tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari India. Seroja memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan air, sebagaimana pada teratai. Daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa. Tinggi tanaman sekitar satu meter hingga satu setengah meter.
lotus
I.Lotus
Daun tumbuh ke atas, tinggi di atas permukaan air. Daun berbentuk bundaran penuh tanpa potongan, bergelombang di bagian tepi, dengan urat daun berkumpul ke tengah daun. ukuran daun dapat mencapai 60 cm. Permukaan daun mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun membentuk butiran air.
Bunga mekar di bulan Juli hingga Agustus.
Ada beberapa kultivar seroja dengan bentuk dan warna bunga yang beragam.


II.Teratai
teratai
Tanaman  jenis ini membutuhkan media air dan tanah, biasanya diletakkan dalam pot tanah liat yang tinggi.
Bunga  Lotus sangat besar, ada yang putih dan merah, menurut para penjual tanaman hias, jenis bunga putih sudah sangat langka dan mahal harganya.





 III. Kapu-kapu
kapu-kapu
Tanaman Jenis ini membutuhkan media tanah dan air, jika kebanyakan air dan terkena sinar matahari langsung, maka daunnya akan cepat hancur.
Biasanya tanaman ini dipergunakan untuk tempat ikan-ikan hias bertelur, karena memiliki akar yang menggantung panjang kebawah air.




Tanaman mengambang


Tanaman mengambang terkadang sangat mengganggu performa bagi kolam air.namun terkadng tanaman ini sangat berfungi untuk memperindah kolam ikan dirumah anda. Ada dua jenis tanaman mengambang, yaitu selada air dan eceng gonsok. Mungkin teman-temansangat hafal sekali dengan jenis tanaman di samping ini. Tanaman yang satu ini sangat cepat pertumbuhannya. Tapi tanaman ini juga memiliki sisi baik juga lho sobat.

Tanaman dalam air
Tanaman dalam air memiliki dua fungsi, yaitu yang berfungsi sebagai penghasil oksigen bagi kehidupan di dalam taman air. Dan yang kedua tanaman air yang dapat mempercantik keindahan dari taman air tersebut.
Tanaman yang bersifat menghasilkan oksigen memiliki ciri fisik daunnya tumbuh di dalam air. Memiliki batang-batang kecil dengan daunnya yang menjalar hingga ke permukaan air. Seperti pada umumnya tanaman, pada siang hari tanaman ini berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan ikan yang ada di dalam taman air.
Jika teman-temanmenyukai jenis taman air dengan berbagai jenis hewan air, maka jenis tanaman ini bisa menjadi pilihan yang baik. Nah untuk fungsi kedua yang bersifat estetika, jenis tanamannya sebagian besar memiliki daun yang mengambang di permukaan air. Jenis bunga ini sudah tidak asing bagi kita maupun pecinta tanaman air. Selain memiliki bunga yang beragam dan berwarna-warni, daun dari bunga teratai juga dapat menghambat pertumbuhan ganggang hijau yang mengganggu.

Tanaman tepian

Seperti namanya, tanaman air ini cenderung tumbuh subur di tepian air yang dangkal atau di tanah dengan intensitas kandungan air yang tinggi. Misalnya untuk kolam yang berkesan formal dan tidak terlalu banyak tanaman, Iris kuning (Neomarica gracillis) bisa menjadi pilihan yang bagus.
Namun sayangnya pertumbuhan dan pertambahan tanaman yang sangat cepat membuat teman-teman harus sering mengontrol keadaan taman air. Kombinasikan beragam tanaman tepian yang cantik pada kolam Anda. Pilih tanaman yang kontras, seperti Schoenoplectus lacustris yang memiliki batang kecil dan tinggi, atau Darmera peltata yang menyerupai payung.
 

Tanaman untuk daerah lembab

Meskipun tumbuh di area sekitar kolam, tanaman ini berbeda dengan tanaman tepian. Justru tanaman ini tidak bisa tumbuh subur di area yang terlalu banyak mengandung air. Dan tanaman ini lebi sesuai dengan keadaan tanah yang benar-benar kering.
Banyak sekali jenis tanaman yang termasuk dalam kategori ini. Dengan variasi yang sangat beragam membuat tanaman ini sangat tepat dimanfaatkan untuk memperkuat kesan alami taman air. Contoh tanaman yang bisa teman-temanpilih antara lain lili air, mawar rawa, dan pohon cemara.


No comments: