Monday, February 4, 2013

Menjaga Air Aquarium Agar Tetap Jernih -Tips Pemula


kali ini saya ingin memberikan artikel manarik kepada anda para pembaca yang baik hatinya.  ” menjaga air aquarium tetap  jernih.” Saya mempublikasikan artikel ini untuk memberi  pengetahuan kepada  pemilik aquarium agar air tetap jernih selama beberapa bulan.Saya menulis artikel ini didapat dari ilmu sekolah dan karena saya juga memiliki aquarium maka saya terapkan ilmu tersebut dan ternyata  ilmu ini berguna.
Apa yang anda harus miliki ?
·         pompa udara aquarium berguna untuk menghembuskan oksigen kedalam air agar air tidak cepat keruh atau untuk menguraikan senyawa organik.
·         pompa filtrasi aquarium berguna menyedot air dalam aquarium untuk disaring di dalam kotak penyaring yang kemudian dikeluarkan ke dalam aquarium. Kebanyakan orang yang menggunakan aquarium hanya memberi  kapas untuk menyaring pengotor air. Sebenarnya itu tidaklah  cukup , saya sarankan anda menggunakan pasir, batu kerikil dan kapas. Mengapa harus memakai pasir,dan batu kerikil ? karena pasir dan batu kerikil menggunakan rongga bulir yang dapat menyaring pengotor sehingga pengotor menempel pada rongga bulir tersebut. Selain itu masih ada media penyaring lainnya seperti serabut tanaman,klereng, busa dll.
·         Kaporit berguna untuk membunuh bakteri atau mikroorganisme  merugikan yang dapat menganggu kesehatan ikan. Selain itu juga untuk menjernihkan air aquarium anda.

Selain diatas anda bisa menambahkan arang ukuran sedang ke dalam air aquarium untuk mengendapkan pengotor  yang tidak tersedot dalam pompa filtrasi. Dan tanaman air untuk mengurangi gas karbondioksida dalam air. namun ada bebearapa komentar yang dilantunkan kepada saya, "mas kok arangnya gk bisa bisa tenggelam ya? " nah untuk anda yang ingin memasukan arang kedalam aquarium anda. dan agar arang tersebut tenggelam, maka anda harus memilih arang yang masih berat dan masih ada sisa kay yang belum terbakar semua. ibarat telur setengah matang.. nah anda jangan memilih arang yang sudah terbakar semua, biasanya arangnya ringan dan gampang mengambang keatas dan akhirnya tidak sesuai fungsinya lagi deh.
selamat mencoba, semoga berhasil..........
trimakasih.....

2 comments:

dpo inzaghi said...

gan, klo pke arang tp lama2 airnya jd kehitaman-hitam, padahal arangnya cuma 1.

Unknown said...

Terima Kasih.. sangt bermanfaat

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...