Tuesday, February 28, 2012

IKAN HIAS CANTIK

Mandarin Fish




Mandarin Fish
Ikan mandarin (Synchiropus splendidus) adalah ikan kecil berwarna cerah yang termasuk dalam keluarga dragonet, yang terkenal dalam bisnis akuarium air laut. Ikan mandarin berasal dari Samudera Pasifik, berkisar dari Kepulauan Ryukyu hingga Australia.
Ikan mandarin memiliki tubuh yang panjang dan 2 sirip punggung. Panjang ikan ini mencapai sekitar 6 cm. Ikan mandarin memiliki garis-garis warna hijau, jingga, dan kuning, dengan warna biru menyelimuti sekujur tubuhnya. Ikan mandarin biasa makan krustasea kecil dan hewan invertebrata lainnya.

Lihat ikan ini sunguh cantik bukan main, warnanya ada dua jenis dari spesies ini, yaitu Mandarinfish standar dan Psychedelic Mandarin. namun yang memiliki warna paling bagus adalah jenis yang setandar harga ikan ini pun di jual tidak terlalu mahal hanya sekitar $20 per ekor, namun masalah dari ikan ini adalah susahnya mencari makanannya.
 .
Discus
Ikan discus yang nama latinnya Simpisodon discus dan berasal dari sungai Rio negroo, Amazon ini memang belum banyak dikenal, bentuk badannya pipih tipis dengan corak warna tubuh menarik dan gerak yang lembut serta tenang memang pantas dijadikan peliharaan sebagai ikan hias di rumah. Karena keindahan dan keanggunannya inilah, ikan discus bahkan konon dianggap sebagai rajanya ikan tawar oleh para pemelihara dan penggemarnya

Ikan ini adalah jenis ikan air tawar mungkin salah satu ikan air tawar paling cantik yang pernah ada ikan ini di jual dengan harga sagat mahal untuk anakanya saja yang berukuran sekita 3 inchi di jual dengan harga $50-$80.
 
Lion Fish
Pertumbuhan ikan jenis Lion fish warna marun merebak di perairan Karibia, bahkan sampai menggeser spesies ikan asli setempat. Ikan berduri bernama lionfish atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan singa ini kerap menyengat para penyelam.Habitat asli ikan ini adalah berasal dari lautan tropis Hindia dan Pasifik. Diduga mereka melarikan diri dari tanki ikan Florida dan menyebar ke Kuba, hingga kepulauan Cayman, yang merupakan tujuan utama para penyelam.

Keberadaan lionfish ini cukup mengkawatirkan para pakar ekologi laut, sebab mereka cenderung memusnahkan spesies asli ikan disana lainnya. Seekor lionsfh bisa menghasbiskan 20 ekor ikan kecil dalam tempo 30 menit. “Belum ada cara untuk menghentikan populasi ini,” ujar Mark Hixon, pakar ekologi laut Oregon State University.
Ikan ini selain warnanya yang cantik namun bentuk nya menyeramkan dan sangat berbahaya racunya sangat menyakitkan dan cukup efektif melukai musuh ikan ini juga biasa di sebut Zebrafish.
Moorish Idol
Ikan ini habitatnya di laut, ikan ini juga sangat mahal sekali harganya. ikan ini tidak dapat hidup jika di  dipelihara di dalam akuarium standar. Ikan ini tergolong susah untuk dipelihara di Aquarium,dan juga sangat mahal harganya.Ikan yang terkenal karna sensitiv dan memiliki rentang hidup yang pendek ini,berasal dari Africa yang dipercaya membawa kebahagiaan. Daya tarik yang menonjol dari ikan ini ialah
,warnanya yang contras antara hitam,putih dan kuning.Moorish idol lebih sering terlihat sendirian,dan mereka tergolong diurnal ke bagian bawah terumbu pada malam hari.
 


Koi 
Koi (bahasa Tionghoa dan bahasa Jepang: 鯉, Romaji: koi) adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Mereka berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer. Koi dianggap membawa keberuntungan.
Ikan koi merupakan ikan yang diangap membawa keberuntungan bagi pemeliharnya, ada lebih dari 100 varian warna dari ikan koi para pengoleksi koi pun rela membayar ribian dolar hanya untuk memburu pola warna koi yang lanka.
 
Flame Angel
Ikan ini memikiki hubungan dekat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama seperti Coral Beauty, tapi sifatnya tidak ’seteguh’ Coral Beauty.
 
Coral Beauty
Ikan ini tidak susah di pelihara dan dapat hidup dengan baik di habitanya.
Parrotfish
Dinamakan demikian karena bentuk mulutnya yg mirip paruh burung. Ikan ini menggunakan mulutnya yg seperti paruh itu untuk memecah dan memakan invertebrata kecil(binatang yg tidak ber-tulang punggung) yg hidup di daerah koral. Biasanya mereka akan memakan utuh2 bebatuan koral atau pasir2 laut lalu mengunyah invertebrata yg ada di dalamnya, lalu membuang sisa2nya.

Regal Tang
Ini ikan yang ada di Finding Nemo bukan sih? Btw, ikan ini tergolong dalam family Surgeonfish, yg memiliki pisau kecil dari zat kapur yg dapat disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi predator.

No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...