Tuesday, October 23, 2012

manfaat ikan sapu-sapu

apa kabar semua sahabat blogger. kali ini kita akan membahas tentang manfaat ikan sapu-sapu. silahkan baca dengan senang hati
 
manfaat ikan sapu-sapu

seringkali kita melihat dalam sebuah aquarium, terdapat ikan yang selalu menempel dikaca aquarium, dan tahukan anda itulah ikan yang disebut sedbagai ikan sapu-sapu. Ikan sapu-sapu memang terlihat kurang menarik tapi ikan ini ia memiliki fungsi besar untuk kebersihan kaca aquarium. Ikan sapu-sapu menempel pada kaca dan memakan lumut sehingga membuat kaca akuarium selalu terlihat bersih.

mayoritas dari kita mungkin tahu bahwa ikan sapu-sapu itu ikan yang kurang menarik dengan warna hitam seperti dijumpai pada kali atau sungai umumnya. Tapi, ternyata ikan sapu-sapu banyak jenisnya mulai dari yang berwarna coklat, hitam berbintik kuning dan lainnya.

sistem pernafasan
Ikan ini tergolong tidak mudah mati jika dipelihara pada aquarium karena dapat beradapsi diair yang keruh maupun jernih. Hal itu dikarenakan ikan sapu-sapu memiliki 2 alat pernapasan, yaitu insang yang digunakan pada air jernih dan labirin yang digunakan pada air keruh dan berlumpur. Bahkan tanpa kita beri makanan ikan inipun akan tetap hidup karena memakan lumut yang tertempel dikaca aquarium. Sehingga sangat mudah untuk merawatnya.

kebersihan kaca

Pemeliharan ikan sapu-sapu pada aquarium untuk menjaga kebersihan kaca aquarium tentu sangat membantu dalam meminimalisir pemakaian sabun atau detergen. Lagipula, jika aquarium dibersihkan dengan detergen lalu dibilasnya tidak bersih akan meracuni ikan-ikan. Pengurangan pemakaian detergen ini juga dapat meminimalisir limbah kimia pada alam tempat kita tinggal. jadi.!mari pelihara ikan sapu-sapu pada aquarium.
trimakasih... :)


No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...