Monday, April 9, 2012

IKAN PARI MANTA

PARI MANTA
Ikan Pari Manta
Ikan pari manta (Manta birostris) ialah salah satu jenis ikan pari paling besar di lautan bumi. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai 3 ton.
Manta bisa dijumpai di lautan tropis di seluruh lautan bumi. kurang lebih antara 35o lintang utara hingga 35o lintang selatan. Persebarannya yang luas dan penampilannya yang unik menyebabkan ikan ini mempunyai banyak nama mulai dari "manta Pasifik", "manta Atlantik", "devil fish", hingga "sea devil". Di Indonesia sendiri, pari manta mempunyai aneka nama lokal seperti cawang kalung, plampangan, serta pari kerbau. mungkin karena bagian tubuh serupa tanduk di kepalanya sehingga ia dianggap serupa dengan kerbau.

Ikan Langka
Ikan pari manta termasuk ikan langka Ikan Pari Manta, menjadi salah satu satwa laut yang dilindungi, disebabkan jumlah pertumbuhannya yang semakin menurun.Karna hewan ini sudah mulai semakin langka, maka kita sebagai manusia yang diciptakan tuhan untuk mengemban amanah dari tuhan, alangkah baiknya saya, anda, dan kita semua yang ada dimuka bumi ini melindungi mereka yang POPULASI kian menyusut.Mari kita lindungi makhluk laut ini.

No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...