Pages - Menu

IKAN HIAS ADALAH KEINDAHAN NATURAL

PEMELIHARAAN YANG BAIK AKAN MENUMBULKAN KEPUASAN

Monday, March 5, 2012

IKAN NEON TETRA

Jenis tetra dari genus Paracheirodon merupakan ikan-ikan asli perairan Amerika Selatan. Warnanya yang bening membuat jenis ikan ini bisa terlihat pada perairan sungai pedalaman yang gelap dan hal ini merupakan salah satu sebab terkenalnya jenis ikan ini sebagai ikan hias.

Warna yang Khas

Neon tetra mempunyai warna yang bening, terbisa garis horizontal berwama biru-hijau sepanjang kedua sisi ikan mulai dari hidung hingga bagian depan ekor dan warna kemerah-merahan sepanjang setengah bagian posterior bawah tubuh. Pada malam hari warna tubuhnya akan menghilang selama ikan beristirahat dan akan muncul kembali ketika ikan aktif pada pagi harinya. Neon tetra bisa tumbuh hingga 4 cm. Ikan betina mempunyai perut yang sedikit agak besar dibanding ikan jantan.
Ikan neon tetra merupakan salah satu jenis ikan akuarium yang sangat dikenal dan telah dibudidayakan dalam jumlah yang besar.

Jenis Neon
Jenis neon tetra lain yang terkenal adalah green neon tetra (Paracheirodon simulans) dan Black neon tetra merupakan spesies tersendiri, bahkan jenis ikan yang terakhir berasal dari genus yang berbeda. Ikan Cardinal Tetra atau biasa disebut dengan red neon mempunyai kemiripan dengan neon tetra dan seringkali dianggap sebagai neon tetra sejati. Jenis tetra ini berbeda dengan neon tetra sejati dilihat dari garis lateral berwama merah sepanjang tubuhnya. Sinonim neon tetra atau Paracheirodon innesi adalah Hyphessobrycon innesi.

5 Tahun
Ikan neon tetra bisa hidup hingga lima tahun.
Ikan neon tetra sangat mudah dipelihara di akuarium dengan air yang mempunyai pH sekitar 5,0 – 7,0 dan kesadahan 1,0 – 2,0. Karena ukurannya yang kecil, sebaiknya ikan ini tidak dipelihara bersama dengan ikan yang berukuran besar atau ikan yang agresif. Ikan ini bisa dipelihara bersama dengan jenis tetra lainnya seperti rummy-nose tetra, cardinal tetra atau jenis ikan lainnya. Untuk membudidayakan neon tetra, tempatkan sepasang ikan di bak pemijahan yang gelap. Karena induk ikan sering memakan anak ikan yang baru menetas, maka sebaiknya induk ikan ini dipmenawankan setelah mereka memijah. Di alam aslinya ikan ini bersifat omnivora. 
Warna tubuhnya sangat menawan dan bercahaya dengan punggung Ikan ini berukuran kecil, dengan panjang maksimal 3 cm, dan pemeliharaan induk, pemijahan induk, pemeliharaan larva sampai ukuran pasar, serta panen dan pengangkutan. Ikan Neon Tetra bisa dipelihara dan dipijahkan di dalam akuarium. Pemeliharaan induk ikan Neon Tetra dilakukan terpisah antara induk jantan dan induk betina. untuk pemeliharaan induk betina dan set yang lain untuk induk jantan. Memilih induk merupakan tahap penting dan turut menentukan keberhasilan pemijahan ikan neon tetra. Induk jantan dan betina ikan neon tetra mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Ikan Neon Tetra mempunyai ciri khas berupa warna biru menyala pada tubuhnya mulai dari ujung
Neon Tetra jantan mempunyai warna biru.

Pemeliharaan Induk
menyala lurus mendatar dan tubuh yang lebih ramping, sedangkan betinanya mempunyai warna biru menyala tidak lurus (bengkok) dan perut Ukuran induk Neon Tetra bisa mencapai 3 cm dan sudah mulai beberapa ciri yang perlu diperhatikan dalam memilih induk yang akan neon biru, panjang tubuh, berat dan umur ikan seperti tercantum pada tabel berikut ini. Ikan yang sehat adalah ikan yang gerakan, tingkah-laku dan morfologi yang normal sesuai dengan biologi ikan itu sendiri. Induk dibawah ini menampilkan ciri-ciri induk ikan neon tetra jantan dan etina dalam hal gerakan, warna, kesehatan, bentuk tubuh berikut garis neon biru, berat dan panjang rata-rata, dan umur induk. Induk ikan neon tetra mempunyai ciri-ciri morfologi yang berbeda antara jantan dan betina. parameter gerakan, warna, bentuk tubuh, bentuk garis neon biru, ukuran berat, umur dan panjang tubuh. Ikan jantan dibedakan dari betina dengan mengamati tubuhnya yang berwarna biru menyala lurus mendatar dan tubuh yang lebih ramping, sedangkan betinanya mempunyai warna biru menyala tidak lurus (bengkok) dan perut besar.


1 comment:

berbagi info said...

artikel yang bagus mas, saya juga pelihara neon tetra dan warnanya tidak membuat bosan