Monday, February 20, 2012

Pakan Ikan Nila

Ikan nila adalah salah satu ikan yang memiliki protein yang paling kaya.Salah satu farm yang mengembangkan ikan nila adalah PT.Aquafarm yang ada di danau toba sana.Potensi ikan nila sangat lah besar dan membudaya.PT.Aquafarm adalah salah satu customer yang mengunakan pakan ikan PT.Intraco Agroindustry dan telah terbukti dari hasil panen ikan yang memuaskan sehingga hasil panen ikan nila dapat di olah menjadi daging ikan fillet untuk di ekspor ke luar negri.Betapa bangganya kita sebagai bangsa indonesia dengan produk dalam negri sendiri menjadikan sumber devisa bagi negara dan masyrakat indonesia.


keteranagan pakan ikan nila
  • Tepung Terigu, Dedak Padi
  • - Tepung Udang, Jagung, Bungkil
  • - Kacang Kedelai Tepung Ikan
  • - Tepung Daging, Tepung Tulang
  • - Vitamin dan Mineral
PAKAN TERAPUNG
  • Pasti Ramah Lingkungan
  • Proses produksi lebih canggih & higienis
  • Partikel size lebih halus
  • Pasti lebih cepat dan mudah di cerna
  • Pakan lebih terkontrol
  • Pasti lebih irit dan efisiensi
  • Peningkatan daya tahan tubuh dan angka kehidupan ikan
  • Pemakaian tenaga kerja lebih hemat

Keterangan Pakan Ikan Nila
  1. Protein          : 28 - 30 %
  2. Lemak           : Min      6 %
  3. Serat              : Max      6 %
  4. Abu                : Max      13 %
  5. kandungan Air     : Max   12 %

Ikan Nila Adalah Salah Satu Ikan kesukaan Pemancing

Ikan Nila memiliki nama latin Oreochomis Niloticus, ikan ini merupakan kesukaan baru untuk pemancingan di kolam air tawar.
Terutama di kolam atau waduk dan bendungan dengan pola hidup yang sangat toleran dengan alam, ikan ini mampu berkembang biak di habitat alam yang cukup bahaya(extreme), dengan keadaan air yang payau dan setengah asin sampai di perairan yang berada di pegunungan yang suhunya dingin.

ikan nila merah

gurame merah
Ikan nila termasuk ikan yang berburu dan memangsa binatang dan sayuran yaitu pemakan segala, Untuk menarik ikan nila para pemancing dapat menggunakan umpan alami seperti cacing, laron atau umpan tumbuh – tumbuhan yaitu lumut. Lumut yang baik adalah lumut yang masih segar dan kalau anda susah mencari, dapat membelinya di penjual lumut di pinggir jalan. Ikan nila memiliki beberapa jenis, yang banyak di kembang biakkan adalah Nila lokal, Nila gift, Nila nifi atau nila merah. Nila yang dipelihara di kolam biasanya ditujukan untuk konsumsi dan untuk melayani pesanan kolam – kolam pancing yang sekarang banyak menjamur.
Ambillah ikan taruhlah dalam ember yang berisi air. misalnya anda memasukan 10 ekor ikan dan berat mencapai 1 kg. berarti berat ikan anda saat ini adalah rata-rata 100 gram perekor. Jika pemberian pakan 3-4%perhari perhari berarti pemberian pakan rata-rata 1 gram perekor untuk satu kali makan atau 3 gram perhari untuk 3 kali pemberian pakan. Anda mungkin ingin mengetahui berapakah pertumbuhan ikan dalam kolam ikan anda dengan pemberian pakan secara intensif? Jika ikan yang anda ternak berasal dari bibit nila yang cepat bertumbuh maka diperkirakan rata-rata kenaikan berat ikan setiap hari lebih dari 2.5 gram. Sekarang anda sudah dapat membayangkan berapakah pendapatan anda setiap hari melalui pertumbuhan ikan dikurangi biaya pakan ikan. Sekarang yuk kita hitung dengan perumpamaan jumlah ikan yang ada diatas.
Harga daging ikan nila /kg =Rp. 15.000
Harga pakan ikan /kg =Rp. 5000
1000 ekor dengan berat rata-rata 100 gram= total berat 100 kg.
3% pakan dari 100 kg total berat = 3 kg pakan setiap hari
Dan jika anda beternak 100 kali lebih banyak (100.000 ekor) dari jumlah di atas berarti anda mendapatkan 1.500.000 perhari.   berhitung memang mudah dan rasanya enak lebih enak dari pada ikan nila.

No comments:

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...