Pages - Menu

IKAN HIAS ADALAH KEINDAHAN NATURAL

PEMELIHARAAN YANG BAIK AKAN MENUMBULKAN KEPUASAN

Tuesday, February 7, 2012

Merawat dan Membudidayakan Ikan Mas Koki

Merawat dan Membudidayakan Ikan Mas Koki 

Ikan Mas Koki merupakan ikan hias air tawar yang populer di tengah masyarakat. Sebagai Ikan yang termasuk dalam kategori ikan hias, untuk menghasilkan Ikan Mas Koki berkualitas baik harus dipelihara dalam lingkungan yang baik pula dan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup bagi Ikan. Nutrisi makanan yang baik akan mengandung warna, kesehatan dan kualitas anakan yang baik. Dengan perawatan yang baik dan serius beberapa penghobi mampu Mendulang “Emas” Dari Usaha Ikan Mas Koki .

pemeliharaan koki
Cara Merawat Ikan Koki
Cara Merawat Ikan Koki. Sebelumnya, tulisan ini saya buat karena saya mendadak baru mulai memelihara ikan hias mas koki atau yang sering disebut ikan koki. Ceritanya tepat kemaren ini, sore hari seperti biasa saya ngenet browsing-browsing seperti biasa, tanpa disadari pikiran saya bisa sampai keinginan untuk memelihara ikan koki. Padahal saya belum tahu bagaimana Cara Merawat Ikan Koki yang baik. Seperti akuarium dan pelengkapnya serta tentunya ikan itu sendiri agar lengkap silahkan Baca ini:

1.Ikan koki harus membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasilgelembung udara akuarium).
2. Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.

3. Beri makan cukup 2x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki).
4. Kuras air akuarium sekitar dua minggu sekali (tergantung berapa lama air cepat kotor) ini untuk yang tidak memakai saringan pembuangan akuarium. Jika ada budget lebih bisa menggunakan filter lebih baik.
5. Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu ciduk (gayung) air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
6. Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung. Kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
7. Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tersebut. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan biar bisa cepat adaptasi lagi.
8. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.
Tips tambahan : Jika suatu saat listrik mati dan air pump atau gelembung udara mati salah satu solusinya coba kurangi air yang ada di akuarium dengan begitu mungkin bisa lebih lama bertahan.

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki

Bubble Eye
1.Bubble Eye/Suihogan Goldfish
Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan,IKan ini juga tidak punya sirip di punggungnya,ikan mas ini bisa tumbuh 6 -8 inchi.
2.Ranchu Goldfish
.Ranchu Goldfish
Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina.IKan ini ga punya sirip atas,dan punya banyak warna seperti orange, red, white, red-and-white, blue, black, black-and-white, black-and-red,Ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.



.Butterfly tail/Jikin Goldfish
Butterfly tail/Jikin Goldfish
Indah dan menggemaskan tetapi langka,Jikin diyakini dari Jepang. Ciri yang paling menonjol adalah ekor yang memiliki bentuk X.ekor kupu kupunya memiliki panjang khas, berbentuk cerutu atau torpedo. Tubuh yang putih dengan bibir,sirip dan insang merah.dapat tumbuh sampai 9 inci. Nama lainnya adalah ekor Merak dan Rokuri.


4.Telescope Eye/Demekin Goldfish
Telescope Eye
Spesies ini punya mata yang Besar dan unik,Variasi ini berwarna merah, merah-putih,belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru dan warna hitam. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik.Walau matanya besar,penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain yang lincah dan ditempatkan di akurium tanpa benda lanci.

5.Oranda Goldfish:

Oranda, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya.  Ikan mas koki ini sangat populer di seluruh dunia,dan punya badan bear dengan 4 ekor panjan.
Oranda Goldfish
Oranda adalah jenis khusus dari ikan mas mewah yang datang dalam berbagai warna termasuk belacu, oranye, merah, biru, coklat, perunggu, putih, perak, merah-putih, merah-hitam, panda berwarna, dan tricolor. Hal ini dapat tumbuh dengan panjang 8 sampai 12 inci. Oranda berasal oleh persilangan yang veiltail dengan ikan mas Lionhead. Ini memiliki tubuh berbentuk telur dengan sepasang mengalir sirip ekor. Serupa dengan Lionhead, para Oranda juga memiliki pertumbuhan atau wen di atas kepalanya yang rasberry seperti dalam penampilan. Pertumbuhan ini biasanya dimulai saat ikan adalah sekitar dua atau tiga tahun. Pada orandas dengan skala nacreous, warna wen mungkin biru, putih, merah, hitam, atau belacu. Perhatian khusus harus diberikan kepada wen oleh Plt, karena itu rawan terhadap infeksi bakteri.


Celestial Eye
Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea.Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop,tapi mengarah keatas Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo,dan tak punya sirip atas.Celestials pertama kali muncul sebagai mutasi langsung dari ikan mas Telescope di abad ke-18. Tradisi Bersaing mengklaim sebagai ke tepat di mana hal ini terjadi pertama, Korea atau Cina. Dokumentasi pertama yang celestials ada muncul pada sebuah gulungan Cina 1772, di mana ikan mas kekurangan sirip punggung dan memiliki mata terbalik menonjol digambarkan. Celestials tidak tiba di Jepang sampai 1903 ketika tiga puluh spesimen tiba dari Cina dan menjadi saham dasar bagi peternak Jepang. Jepang cepat menjadi produsen utama celestials untuk ekspor. Ini tetap demikian sampai pecahnya Perang Dunia II. Celestials tiba di Amerika Serikat dari Jepang pada dekade pertama abad kedua puluh dan termasuk dalam edisi pertama Varietas Goldfish William T. Innes dan Ikan Tropis Aquarium di 1917. Peternak Amerika berhasil dibiakkan ikan dan, pada gilirannya, diekspor saham dasar untuk Inggris, di mana ada sebuah band kecil tapi setia menyebarkan peternak ikan sampai hari ini. Setelah Perang Dunia II, dan sejak itu, sebagian besar diekspor celestials dari Asia berasal dari Cina. Ikan mas Surgawi digambarkan pada perangko yang diterbitkan pada tahun 1960 oleh Republik Rakyat Cina.


7.Lionchu/Lionhead Goldfish:
Ikan mas koki Unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas dari Thailand dan hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus. Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar.

Syarat Lingkungan Hidup Ikan Mas Koki
Lingkungan Hidup Ikan Mas Koki adalah akuarium, Bak semen, Kolam, Bak Fiber dan lain-lain, tergantung media yang dipilih untuk membudidayakan ikan mas Koki. Media apapun yang dipergunakan yang paling penting adalah kualitas air yang selalu terjaga kebersihan dan kondisinya. Air kolam Mas Koki yang baik akan menunjang kelangsungan hidup dan keindahan ikan. Air kolam/akuarium ikan mas koki tidak boleh mengandung zat-zat yang berbahaya bagi ikan seperti amoniak yang dihasilkan oleh sisa makanan dan kotoran ikan. Dalam jumlah tertentu amoniak tidak berbahaya bagi ikan mas koki tetapi dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kematian pada ikan Mas Koki. Ada banyak ragam model filter kolam yang bisa dipakai untuk kolam budi daya ikan koki.Memelihara ikan Mas Koki pada dasarnya menjaga kualitas air dalam konsisi yang optimal.

Merawat Larva Ikan Mas Koki
Merawat ikan mas Koki sejak menetas hingga dewasa merupakan proses yang memerlukan kehati-hatian dan ketelatenan. Selain faktor lingkungan air yang baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Pada saat awal ikan mas Koki menetas, ia masih memiliki cadangan makanan yang semula dari telur ikan. Kurang lebih usia satu minggu hingga 10 hari anakan ikan mas koki diberi makan kutu air dan cacing sutra, setelah usia dua minggu anakan Ikan mas Koki diberi makan dengan Cacing sutra saja . Panen pada usia ini jika kita ingin memasarkannya sebagai bibit ikan Mas Koki.
Membesarkan Ikan Mas Koki
Setelah usia satu bulan ikan mas koki perlu dipindahkan dalam kolam yang lebih besar, atau dengan kolam yang berukuran sama tetapi kepadatannya dikurangi. Pembesaran di sawah dengan cahaya matahari yang cukup akan mempercepat pertumbuhan ikan mas koki. Ikan Mas koki mencapai usia dewasa setelah berumur 4 bulan pada usia ini Ikan mas Koki bisa dijual ke penghobi atau peternak lain. Pada usia 8 bulan ikan Koki sudah siap untuk dijadikan indukan.
Memijahkan Ikan Mas Koki
Untuk menghasilkan anakan ikan Mas Koki yang baik diperlukan pemilihan indukan ikan Mas Koki yang baik pula. Indukan yang dipilih adalah ikan Mas Koki yang memiliki kepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh dan tersusun rapih. Pemijahan ikan mas Koki bisa dilakukan di akuarium, kolam semen atau bak fiber. Selanjutnya masukkan Indukan Ikan Mas Koki yang sudah dipilih pada sore hari. Proses pemijahan ikan Mas Koki akan berlangsung pada malam hari. Tunggu 2-3 hari untuk telur ikan mas Koki menetas dengan sendirinya. Ikan Mas Koki mempunyai nilai peluang usaha yang besar. Banyak sekali yang asalnya penghobi ikan mas koki dengan hanya menoleksi saja, beralih menjadi pebisnis ikan mas koki sampai menghasilkan omset yang tidak sedikit.
Ditinjau dari aspek investasi dan permodalan bisnis ikan hias tidak membutuhkan investasi yang terlalu besar. Ikan Koki Mutiara
Jenis-jenis ikan mas koki yang banyak digemari di sini antara lain :
                .Spencer (adanya jambul di kepala dan sisik yang menarik)
                .Veil tail (dengan sirip punggung dan ekor yang agak panjang berumbai)
                . Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Keunikan Ikan Mas Koki

Ikan mas koki sedikit manja dalam pemeliharaannya sehingga tak urung sering membuat orang putus asa jika menginginkan umur yang panjang untuk hewan air yang satu ini. Berikut ini yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ikan mas koki :
Sirkulasi air yang lancar dengan cara dibantu menggunakan filter air. •           Perhatikan koloni yang ditempatkan bersamaan dengan ikan mas koki yang sering usil dengan menitili tubuh si gembrot yang berakhir dengan luka,sakit terus koit. Terutama jenis ikan-ikan kecil yang suka memburu makanan atau parasit yang menempel di tubuh ikan mas koki.
  • Pisahkan segera begitu mengetahui ada ikan yang terinfeksi dengan jamur atau bakteri untuk diberi perawatan khusus.
  • Penggantian air jangan seratus persen dengan yang air yang baru. Lebih-lebih air pam yang kandungan kaporitnya tinggi sekali.

                                                                                         


No comments: