Thursday, February 16, 2012

CARA MEMBUAT KOLAM IKAN HIAS

kolam ikan taman
Desain taman dengan sebuah kolam di dalamnya bisa menambah sejuk suasana sekitarnya. Bunyi gemericik kecipak air yang ada di tengah kolam bisa memberikan kesejukan dan menambah suasana teduh dan segar di rumah. Pada saat udara panas, uap air dari kolam bisa mendinginkan udara di sekitar taman. Mari membuat kolam ikan ditaman kita.
Tidak perlu
mempunyai taman yang luas supaya dapat menempatkan kolam ikan didalamnya. Seberapapun luas taman anda, bisa dibuat sebuah kolam ikan sebagai elemen penunjang keindahan. Misalnya, bila ditujukan sebagai kolam ikan koi maka ukurannya harus sedikit lebih besar.
Selain itu kedalaman kolam merupakan hal yang penting, setidaknya mampu memberi ruang bagi ikan untuk menyelam ke dalam suhu air di permukaan panas terkena sinar matahari. Tentunya dibutuhkan perencanaan yang evesien untuk mendapatkan kolam yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa hal sederhana yang bias anda ikuti untuk membuat kolam ditaman anda.

lokasi yang strategis
LOKASI
Rencanakan lokasi kolam sedekat mungkin dengan tempat atau saluran pembuangan airnya. Buat lubang saluran di dasar kolam dengan posisi saluran lebih rendah dari air kolam. Satu hal yang harus diperhatikan adalah tidak meletakkan kolam terlalu dekat dengan pohon yang daunnya dapat berjatuhan di dalam kolam, karena akan cepat membuat kolam kotor. Caranya dengan menanami pohon perdu disekitar kolam.
 



desain yang unik
DESAIN
Desain kolam yang direncanakan secara evesiensi akan jauh lebih baik hasilnya daripada jika membuat kolam ala kadarnya. Batu Alam. Jadikan batu alam sebagai aksen alami pada kolam taman. Banyak ragam batu alam yang bisa jadi pilihan, antara lain batu kali, batu paras, batu palimanan, atau koral sikat. Sesuaikan batu dengan desain gaya kolam yang diinginkan. Batu kali hitam yang berkarakter kuat memberi kesan adem, bisa diaplikasikan pada kolam bergaya modern tropis hingga minimalis. Tak lengkap kolam tanpa gemericik suara air. Buatlah pancuran atau air mancur di tengah atau tepi kolam. Air mancur menjadi aksen yang membuat kolam makin terlihat segar. Pastikan sirkulasi air lancar sehingga air mengalir tanpa hambatan.
Ikan. Anda bisa memelihara ikan hias di dalam kolam. Kecipak ikan yang berenang membuat kolam lebih hidup. Anda juga harus membuat pompa untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam air yang diperlukan ikan.
Tanaman Air. Letakkan tanaman air di dalam atau di tepi kolam. Tanaman air banyak ragamnya, antara lain lotus, heliconia air, melati air, dan lain-lain. Hias kolam dengan pernik-pernik unik, misalnya patung-patung hewan, gentong tanah liat, dan sebagainya. Tak perlu patung yang besar, patung-patung kecil dengan desain unik akan menjadikan taman lebih menarik. Bila kolam cukup besar, Anda bisa membuat motif jembatan di tengahnya.
PERAWATAN
Bersihkan taman, kolam dan sekitar kolam secara berkesinambungan agar terjaga keindahannya. Rawat filter air kolam secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Sebaiknya mengganti filter air kolam dilakukan 2 bulan sekali. Agar air kolam tidak cepat keruh, gunakan batu zeloit yang biasa digunakan untuk kolam renang.

2 comments:

Intan said...

kebetulan saya juga suka memelihara ikan hias di kolam samping rumah, terimakasih bimbingannya.

Essen Ikan Mas said...

Terimakasih atas informasinya,dan jangan lupa kunjungi kami di https://goo.gl/RxfVnu

Tips Membeli dan Merawat Aquarium sendiri

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menentukan dan membeli akuarium, agar manfaat dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan ...